PDD Politeknik Negeri Nunukan Gelar Yudisium Ke IV Tahun 2020, Arkas Viddy : Siapkan Lulusan yang Kompeten Berjiwa Wirausaha dan Berdaya Juang

Portalpergerakan.com, NUNUKAN – PDD Politeknik Negeri Nunukan melangsungkan acara Dies Natalis ke-VI sekaligus Yudisium Angkatan Ke-IV Tahun 2020. Acara tersebut dilaksanakan bertempat di Kampus PDD Politeknik Negeri Nunukan, Jalan Sei Limau, Kecamatan Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (15/10/2020).

Kegiatan yang dilakukan dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 tersebut dihadiri oleh Plt. Bupati Nunukan, Ir. H. Faridil Murad, SE, MT, Penggagas/Pendiri PPD Politeknik Negeri Nunukan H. Trisno Hadi, SKM dan H. Abdul Hafid Achmad, Wakapolres Nunukan AKBP Imam Muhadi, Kepala UPT Dinas Pendidikan Provinsi Kaltara DR. Nurbaya, Pimpinan Bumida Bumiputera, Pimpinan Bank Mandiri dan Bank BRI, serta segenap Dosen Pengajar, Orang Tua Mahasiswa, dan Tamu Undangan lainnya.

Baca Juga : PDD Politeknik Negeri Nunukan Menggelar Dies Natalis Ke-VI dan Yudisium Ke-IV Tahun 2020

Sebanyak 131 Peserta Yudisium yang terbagi dari mahasiswa Program Studi (Prodi) Administrasi Bisnis, Tehnik Sipil Infrastruktur Perkotaan, Tehnologi Pengelolaan Hasil Perikanan, dan Tehnik Alat Berat.

Dalam acara yang mengusung tema “Ciptakan Lulusan Kompeten Berjiwa Wirausaha dan Berdaya Juang Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Perbatasan di Era New Normal”, Direktur PDD Politeknik Negeri Nunukan Arkas Viddy, Ph.D mengatakan, hadirnya revolusi industri 4.0 saat ini mulai menyentuh dunia virtual berbentuk konektivitas antara manusia mesin dan data di berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali bidang pendidikan yang dikenal dengan sebutan Internet of Things (IoT).

Arkas menambahkan harapannya agar para lulusan ini betul-betul bisa survive dan siap tampil untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan Kabupaten Nunukan.

“Saya selalu tekankan agar semuanya jangan punya pandangan yang sama tentang pemerintah daerah adalah sebagai lahan pekerjaan yang akan digeluti ketika selesai kuliah nanti, tapi harus selalu tanamkan mindset agar menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan bermodalkan kreativitas, inovatif, dan kompeten sebagaimana yang sudah dikenyam selama 3 tahun di kampus sesuai wawasan dan bidang keilmuan masing-masing” ujar Arkas.

 

Lebih lanjut, Arkas menyebutkan di mana saat ini sangat diperlukan mahasiswa yang berjiwa wirausaha karena saat ini kita tengah menghadapi kondisi pertumbuhan ekonomi negara yang minus sudah 2 kwartal dan akan memasuki 3 kwartal serta akan memasuki tahap resesi, kondisi negara dan daerah juga masih menghadapi pandemi covid-19, tentu itu akan berdampak pada sulitnya lapangan pekerjaan yang akan dibuka oleh perusahaan-perusahaan industri dan lain-lainnya.

Melihat kondisi tersebut, PDD Politeknik Negeri Nunukan akan terus berupaya memberikan solusi dan kontribusi untuk meminimalisir dampak krisis dari perubahan tersebut, salah satunya dengan secara konsisten menciptakan sumber daya manusia yang berbudi luhur, berilmu, cakap, berketerampilan yang selaras dengan harapan serta kebutuhan dunia industri saat ini, hingga kedepannya akan berusaha melahirkan gagasan-gagasan wirausaha berbasis digital.

“Seiring dengan konsep link and match, kami terus mengembangkan networking dengan berbagai pihak, terutama dengan pemerintah dan perusahaan industri, serta mengintegrasikan digital untuk mengembangkan wirausaha,” ujar Arkas saat di wawancarai usai acara.

Hal senada, disampaikan juga oleh Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat PDD Politeknik Negeri Nunukan, Ismul Azam Ghazali bahwa dia berharap agar para lulusan tersebut dapat menjaga nama baik pribadi dan almamater kebanggaan dalam mengarungi kehidupan sebagai lulusan PDD Politeknik Negeri Nunukan di masyarakat, di manapun mereka berada nanti.

“Saya ucapkan selamat ya pada senior-senior saya. Saya berharap, para senior yang sudah lulus agar terus menjaga nama baik pribadi, almamater dan kampus kita. Tetap menjaga solidaritas dan komunikasi antara Senior dan Junior, dan saya juga berharap seluruh civitas akademik terutama para lulusan agar senantiasa memiliki kecerdasan emosional dan spiritual yaitu Hablum Minallah (Hubungan Kita dengan Allah), Hablum Minannas (Hubungan Kita dengan Sesama Manusia) dan Hablum Minal Alam (Hubungan Kita dengan Alam), rumus dalam menghadapi berbagai persoalan yang akan dihadapi di tengah-tengah masyarakat nantinya” tutup Ismul selaku Ketua PMII Komisariat PDD Politeknik Negeri Nunukan.

Di sisi yang lain, dalam rangka memperingati peristiwa penting bagi PDD Politeknik Negeri Nunukan, dilakukan seremonial Dies Natalis melalui pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur atas berdirinya kampus selama 6 tahun.

Proses Pemotongan Tumpeng Oleh H. Abdul Hafid Achmad
Foto Bersama Para Tamu Undangan, Civitas Akademik dan Peserta Yudisium
Penulis       :  Nur Ikhsan Efendi
Editor        :  Suriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *